Mengajarkan Anak Memiliki Jiwa Berbagi

14.57


Artikel bagus dari metronews 11 November 2012. Mengajarkan anak memiliki jiwa berbagi merupakan tantangan tersendiri bagi orangtua. Anak dengan pribadi kikir akan membuatnya cenderung tidak memiliki teman.
Sebagai orangtua, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar sang buah hati memiliki sifat yang pemurah dan menyenangkan:

1. Ajarkan pada anak bahwa berbagi itu menyenangkan
Tanamkan pada Anak bahwa tidak semua teman sebayanya bisa merasakan fasilitas yang ia dapatkan. Meskipun perlahan, ucapan orang di sekitar anak akan diserap untuk bekal kehidupannya.
2. Ajarkan anak dengan cara sederhana
Ajak anak bermain dengan teman sebayanya. Berikan beberapa mainan, kemudian ajarkan anak untuk berbagi mainan dengan temannya. Dengan demikian, anak akan mengetahui bahwa berbagi mainan menjadikan bermain lebih seru karena dapat menambah teman.
3. Ajarkan anak mencitai hewan
Ajaklah anak memberi makanan pada hewan peliharaan. Belajar mencintai hewan dan memberikan perhatian, serta perawatan dapat menjadi cara efektif bagi anak dalam menanamkan rasa kasih sayang terhadap makhluk hidup.
4. Jangan memanjakan anak
Anda bisa mengajak anak berkunjung ke lembaga sosial, sambil membawa beberapa mainan . Dari sana, anak akan belajar untuk berbagi lewat mainannya. Hal tersebut juga dapat membantu anak untuk memahami realita di masyarakat, bahwa saat ini banyak anak-anak yang kurang mampu.
5. Orang tua merupakan sosok pertama yang dijadikan contoh anak untuk berperilaku
Tunjukan sikap yang terpuji, dengan demikian anak Anda akan mengikutinya.

You Might Also Like

3 komentar

  1. terima kasih admin blog ini,informasinya sangat berguna, Semoga sukses terus ya min

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya gan.....

    BalasHapus