Hama Lalat

14.30


Lalat merupakan hewan serangga terbang yang menyukai tempat basah, kotor, tempat sampah dan tempat-tempat pembusukan. Seekor lalat dapat terbang hingga beberapa kilometer jauhnya, dan dengan mudah hinngap dan berpindah kemananpun sesukannya. Hama lalat memang tidak dapat dianggap enteng/kecil, mengingat lalat menyukai tempat kotor kemudian bisa saja hinggap pada makanan atau tempat makanan yang kita gunakan atau kita makan. Bisa kita bayangkan jika seekor lalat hinggap pada kotoran sampah kemudian hinggap pada makanan yang akan kita makan, jadi secara tidak langsung dapat menyebarkan kuman-kuman yang sebelumnya berada pada tempat sampah berpindah ke makanan yang akan kita makan.

Pengendalian Lalat :
Buatlah tempat sampah di sekitar kita menjadi tempat sampah tertutup, sehingga akan menutup akses lalat untuk masuk ke dalam tempat sampah. Usahakan sampah-sampah organik dan non organik dipisah, untuk sampah organik lebih baik jika dibungkus dengan kantong plastik rapat dan kering sehingga tidak mengundang lalat datang.
Bahaya lalat :
Beberapa penyakit yang sering ditimbulkan oleh lalat antara lain : Kolera, Disentri, Tipoid dan Kaki gajah. Lalat juga dapat mengurangi nilai estetika atau kenyamanan suatu tempat, misalkan hotel atau rumah makan namun banyak lalatnya tentu akan mengurangi nilai estetika tempat tersebut. Larva lalat daging bisa membuat liang dan menginfeksi luka yang terbuka pada manusia sehingga dapat menyebabkan kaki gajah.
Jenis-jenis lalat :
  • Lalat botol biru (Callipora sp.)
  • Lalat berpunuk belakang (Megaselai scalaris)
  • Lalat daging (Sarcophaga sp)
  • Lalat rumah (Musca Domestica)
  • Lalat buah (Drosophilla sp)
  • Lalat hijau (Lucillia sp.)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Terimakasih banyak atas informasinya gan ;)
    salam kenal dan semoga sukses yah gan.....

    BalasHapus